IMG_9569

Kami salah satu perusahaan yang selalu mendukung perkembangan teknologi di Indonesia dalam bidang kami, salah satunya kami mendukung kegiatan AMV UI untuk mengikuti lomba di Virginia, dengan mensupport pembuatan protoype MAKARA dengan printer 3D guna melancarkan proses menuju kompetisi yang akan mereka jalani.

Sejarah AMV UI

AMV UI didirikan pada 2012 oleh Muhammad Hary Mukti (Uki, angkatan 2009) dan timnya, tim adalah tim pertama dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang berpartisipasi dalam Kompetisi Roboboat 5 di Virginia Beach, USA. Sayangnya, tim saat itu tidak dapat berpartisipasi di kompetisi berhasil karena penanganan kecelakaan MAKARA-01, yang selama transportasi dari DC ke Virginia Beach. Namun, ini tidak akan menghentikan semangat tim untuk mengembangkan teknologi kelautan tak berawak canggih untuk Indonesia. Setelah kecelakaan itu, mereka membangun MAKARA-02, sebuah USV Inovatif dengan petak Hull untuk Operability di Sea States Military dan Dukungan Sipil, yaitu Ghost Project Sea.Mereka memenangkan National Terbaik Design Award dan berhasil lulus misi otonom di Kompetisi Kendaraan Unmanned Nasional di Indonesia. Hal ini juga menjadi virus di media sosial karena prestasi dengan TNI (Angkatan Militer Indonesia) MABES dan inspirasi untuk teknologi tanpa awak Indonesia di masa depan. Selanjutnya, generasi berikutnya AMV dibangun untuk memberikan manfaat secara sipil, khususnya Search and Rescue Mission. Kami memiliki penelitian bekerja sama dengan Departemen SAR Indonesia dan berhasil ditugaskan prototipe MAKARA-03 yang memiliki self-meluruskan kemampuan dan melakukan misi SAR dalam kondisi laut kasar. MAKARA-04 dikembangkan untuk melakukan permukaan dan bawah air dalam platform yang sama.Desain ini terinspirasi dari teknologi terbalik kapak busur terbaru dan itu dilengkapi dengan sistem waterjet untuk sangat mengurangi kebisingan dari prupolsion selama kondisi sepenuhnya terendam. Prototipe ini telah memenangkan tempat runner up 2 dalam Kompetisi Kendaraan Unmanned Kelautan Nasional di Indonesia. Akhirnya, generasi berikutnya MAKARA-05 dan MAKARA-06 adalah lambung trimaran pertama yang dikembangkan oleh AMV UI untuk bersaing di Kompetisi Roboboat 9. Desain ini disesuaikan dengan mendukung Unmanned Surface Vehicle disebut bonefish Indonesia yang dikembangkan oleh SAAB Technology.

Selanjutnya, Otonomi Kelautan Kendaraan UI adalah tim riset kolaborasi antara UI Tim Robotika dan Departemen Teknik, Fakultas Teknik. Harap Perhatikan bahwa AMV UI tidak di bawah atau berafiliasi dengan laut lainnya atau tim arsitektur laut, AMV UI adalah organisasi teknologi mahasiswa yang independen yang di kampus / universitas – tingkat dan di bawah UI Robotics Team. Tim ini fokus pada membangun dan mengembangkan sistem tak berawak pada kendaraan permukaan dan kendaraan bawah air dalam lingkungan laut.

Saat ini, konten tim dengan 11 anggota tim dan 20 magang yang dari perbedaan jurusan di Universitas Indonesia. Ada dari Naval Teknik, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Fisika, Kedokteran, Keperawatan, Ekonomi dan Bisnis, dan lainnya utama di seluruh fakultas di Universitas Indonesia. Ini benar-benar penting bagi tim untuk mengembangkan teknologi canggih seperti, membutuhkan multi-disiplin ilmu, tidak hanya keterampilan teknis tetapi juga keterampilan non-teknis dan manajerial. Sebagai mahasiswa, kami ingin mendiskusikan, membandingkan dan bersaing prototipe kami dengan tim lain di seluruh dunia dalam rangka meningkatkan keterampilan kita di Kompetisi 9 Internasional Roboboat yang diselenggarakan oleh Asosiasi untuk Unmanned Vehicle System International (AUVSI).

Sumber : http://amv.ui.ac.id/